Perkembangan teknologi informasi khususnya internet telah mampu menyimpan, menyebarluaskan informasi keseluruh penjuru masyarakat secara virtual. Berkembangnya teknologi informasi ini telah merubah perilaku konsumen dalam hal berbelanja dari pasar riil ke pasar virtual.
Adapun jenis-jenis-jenis konsumen e-commerce, adl sbb:
· Konsumen indicudial, konsumen ini lebih banyak diperhatikan media
· Konsumen Organisasi
· Konsumen yang paling banyak melakukan bisnis di internet yang terdiri dari pemerintah, perusahaan swasta, resellers, organisasi publik yang bertindak tidak semata-mata konsumtif sebagaimana layaknya konsumen akhir. Konsumsi dilakukan untuk membuat produk baru maupun melakukan modifikasi.
Konsumen e-commerce berdasarkan pada perilaku konsumsinya
· Buyers. Konsumen yang ingin cepat-cepat Implusive membeli, cenderung gegabah dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan.
· Patient Buyers. Konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa produk yang ditawarkan.
· Window Shoppers. Konsumen yang sekedar browsing atau surfing (mejelajah internet) saja (http://www.lkht-fhui.com, diakses 28 Maret 2007).
Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu sbb :
· Faktor Budaya : Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
· Faktor Sosial : perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.
· Faktor Pribadi : Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
· Psikologi : Titik awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan pembelian akhir. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.
Dari berbagai Sumber
Dari berbagai Sumber



06.36
ikha..

Posted in:
0 komentar:
Posting Komentar